Sabtu, 09 Agustus 2008

PERAYAAN EKARISTI KELUARGA BULAN AGUSTUS

“Dimulai hari ini, setiap hari Jumat jam 18.00 WITA pada minggu kedua dalam bulan tersebut dilaksanakan perayaan ekaristi keluarga di paroki Kelayan. Diharapkan seluruh umat dapat mengikuti bersama keluarga. Dalam perayaan ekaristi keluarga kita mendoakan pasangan yang merayakan Ulang Tahun perkawinannya di bulan tsb. Pada perayaan ekaristi kali ini yang mendaftar adalah pasangan Iin dan Erwan. Untuk bulan-bulan berikutnya diharapkan lebih banyak lagi pasangan yang mendaftar untuk didoakan.” Demikian disampaikan romo Aloysius Lioe Fut Khin, MSF pada awal misa keluarga yang dimulai bertepatan dengan Pesta Santo Dominikus, Imam pada tanggal 8 Agustus 2008. Perayaan ekaristi keluarga perdana yang dihadiri oleh sekitar 100 orang ini berlangsung seperti misa harian sore, namun setelah homili dilaksanakan pembaharuan janji perkawinan oleh pasangan yang merayakan ulang tahun perkawinannya dalam bulan Agustus, yaitu Iin dan Erwan.
Dalam homilinya romo Fut menyampaikan bahwa dalam setiap kampanye Pemilu, para calon akan menjanjikan hal-hal baik bila memilih mereka. Namun dalam Injil pada hari itu yang diambil dari Matius 16:24-28, Yesus justru menyatakan bahwa kalau mengikut Dia, maka kita harus siap kehilangan nyawa. Dalam membangun keluarga, bila selama pacaran pasangan kita menjanjikan hal-hal yang muluk serta kemewahan saja, maka jangan mempercayai hal tersebut karena dalam janji perkawinan ada kesediaan untuk setia melalui jalan salib dan menjalani kehidupan bersama dalam suka dan duka. Semakin banyak cobaan dan tantangan yang dihadapi keluarga, maka cinta kasih sebagai suami, istri dan orang tua akan semakin teruji. Membangun keluarga adalah seperti bacaan Injil hari itu, yaitu bagaimana menjalani hidup dengan kesetiaan. Akhirnya romo Fut mengajak umat yang hadir untuk memohon pada Tuhan agar keluarga-keluarga diberkati Tuhan serta tabah menghadapi cobaan dan tantangan.
Perayaan ekaristi keluarga bulan September akan dilaksanakan pada hari Jumat pukul 18.00 WITA, tanggal 12 September 2008. Diharapkan umat yang merayakan ulang tahun perkawinannya di bulan September dapat mendaftar untuk didoakan pada perayaan ekaristi keluarga dengan mengisi formulir di pastoran atau menghungi seksi keluarga, yaitu pasangan Siauw Siauw dan Gunadi. (smr)

Tidak ada komentar: