Rabu, 25 Februari 2009

PERAYAAN EKARISTI KELUARGA BLN FEBRUARI 2009

        Perayaan ekaristi keluarga di bulan Februari 2009 diadakan pada hari Jumat tanggal 13 Februari 2009. Dalam perayaan ekaristi yang dipimpin oleh romo Allparis dan romo Fut,  delapan pasang suami istri yang merayakan Hari Ulang Tahun Perkawinan di bulan Februari diberikan berkat khusus dan memperbaharui janji perkawinan. Mereka adalah: Merry-Koco, Hiana-Redy, Ratna-Anton, Andri-Basuki, Lia-Willy, Rosa-Pangky, Lian-Sindhu, Pie-Djemie.

        Dengan mengambil bacaan Kitab Suci dan Injil pada hari itu, yakni dari Kitab Kejadian 3:1-8 dan Markus 7:31-37, dalam homilinya romo Fut menggarisbawahi kalimat “ Ia menjadikan segala-galanya baik.” Dalam Injil Markus dinyatakan bahwa orang-orang takjub pada Yesus dan akan karya-Nya. Kalimat itu juga ada dalam kisah penciptaan (Kej 1:31). Allah telah membuat segala sesuatunya amat baik, namun dosa manusia telah merusak segalanya. Dosa Adam dan Hawa adalah pada motivasi atau ambisi mereka ingin menjadi seperti Allah. Dosa ini kemudian berulang-ulang dilakukan oleh manusia sampai sekarang dalam bentuk kesombongan, keegoisan, dsb. Namun Yesus melakukan yang sebaliknya, yakni merendahkan diri sehabis-habisnya. Dalam hal demikian sangat baik bagi kita untuk berbuat seperti Yesus dalam hal kerendahan hati, kesempurnaan dan kasih.

        Dalam hidup berkeluarga, bila ada pertengkaran itu berarti dosa asal terulang kembali karena kita hanya memikirkan diri sendiri, egois dan mau menang sendiri.

        Orang tercengang akan Yesus karena Ia menjadikan segala-galanya baik. Kalau kita mengundang Yesus dalam keluarga kita, Ia akan menjadikan segalanya baik.

         Menutup homilinya, romo Fut mengajak umat untuk mendoakan pasangan suami istri yang merayakan ulang tahun perkawinan agar makin diteguhkan dan dapat menjadi saksi-saksi Kristus.

         Setelah homili, romo Fut mengundang pasangan yang merayakan ulang tahun perkawinan di bulan Februari untuk memperbaharui janji perkawinan.

(smr)

Tidak ada komentar: