Minggu, 04 April 2010

PASKAH PAGI & AGAPE


PERAYAAN PASKAH PAGI

Minggu, 4 April 2010 pukul 08.00 Wita dilaksanakan perayaan Paskah pagi yang dilanjutkan dengan agape atau makan bersama seluruh umat paroki Kelayan. Perayaan dimulai dengan perarakan misdinar, petugas liturgi dan romo Lioe Fut Khin, MSF serta romo Allparis, Pr. Koor dibawakan oleh Wilayah Elisabeth. Umat yang kebanyakan anak-anak memenuhi seluruh bangku gereja.

Dalam homilinya romo Allparis menyatakan bahwa sebenarnya dalam Kitab Suci tidak tertulis adanya telur dalam perayaan Paskah. Tradisi ini diambil karena dalam telur mengandung kehidupan.

Dalam bacaan Injil dinyatakan bahwa pagi-pagi Maria Magdalena mendatangi kubur Yesus dan mendapati kubur Yesus kosong. Saat melihat batu penutup kubur terbuka, mereka menyimpulkan bahwa jenazah Yesus diambil orang. Mereka kemudian masuk, melihat dan percaya tapi belum memahami atau menangkap isi Kitab Suci yang menyatakan bahwa putra manusia akan bangkit pada hari ketiga.

Refleksi peristiwa tersebut di atas bagi kita adalah apakah kita mampu melihat tanda-tanda kehadiran Allah yang hidup dalam peristiwa-peristiwa kecil sekalipun. Dengan Paskah kita diajak untuk menyadari bahwa Yesus ada dan hidup dalam diri kita masing-masing, keluarga kita dan masyarakat. Dalam gereja tidak diakui adanya perceraian. Meskipun telah hidup terpisah bahkan pasangannya telah menikah lagi, gereja tetap mengakui bahwa perkawinannya masih sah. Suka duka dalam kehidupan keluarga harus dipahami bersama. Kebangkitan Yesus adalah saat di mana kita mampu melihat Yesus yang hadir dalam suka duka hidup kita.

Homili ditutup dengan suatu harapan, semoga dengan Paskah, kita belajar dan memahami bahwa Yesus hadir dalam seluruh perjuangan kita dan keluarga kita.

PEMBAGIAN TELUR PASKAH dan AGAPE

Setelah perayaan ekaristi selesai, panitia mengajak seluruh umat untuk makan bersama-sama di halaman parkir gereja. Sementara itu anak-anak diminta berkumpul di Aula Syalom untuk dibagi telur dan kupon es krim. Nampak umat dengan akrab saling mengucap Selamat Paskah, berbincang dan bercanda sambil menikmati hidangan yang disediakan oleh masing-masing wilayah dengan diirngi lagu-lagu dari band KOMKA. Acara berakhir pukul 11.30 Wita. (smr)

Tidak ada komentar: