Senin, 13 April 2009

MALAM PASKAH



         Upacara cahaya dengan pemberkatan lilin Paskah mengawali perayaan ekaristi Malam Paskah. Lampu gereja dipadamkan. Perarakan misdinar dan romo Lioe Fut Khin serta romo Allparis memasuki gereja. Sesekali romo Fut mengangkat lilin Paskah yang ada tangannya dan mengumandangkan “Cahaya Dunia.”  Setelah cahaya lilin Paskah yang dipegang romo Fut menjalar ke lilin-lilin kecil di tangan umat dan rombongan perarakan telah berada di altar, romo Allparis melagukan Exultet.

       Liturgi Sabda untuk Malam Paskah kali ini mengambil 3 bacaan Kitab Suci dan bacaan epistola. Setelah membacakan Injil, romo Allparis dalam homilinya menyatakan bahwa peristiwa pekan suci adalah pesta iman. Namun sayang sekali kalau banyak orang tidak tahu makna pekan suci dari Minggu Palma sampai hari raya Paskah. Dalam bacaan Injil ditampilkan wanita-wanita yang akan memberikan rempah-rempah di kubur Yesus. Mereka tidak berpikir siapa yang akan membuka batu kubur Yesus. Setelah sampai di kubur, mereka mendapatkan kubur yang kosong dan ada malaikat duduk di atas batu kubur. Malaikat itu bertanya, “Apa kamu mencari Yesus yang tersalib itu?”

       Apa makna peristiwa itu bagi kita? Peristiwa Yesus yang tersalib menjiwai setiap orang untuk memberdayakan hubungan antar umat beriman di Indonesia. Kita, umat Katolik, meskipun jumlahnya hanya 3% dari seluruh rakyat Indonesia hendaknya dapat menjadi jembatan untuk membina hubungan antar umat beriman. Untuk itu kita perlu memiliki kekuatan lebih, mungkin itu berupa kekayaan, kepandaian, kejujuran, dsb untuk melakukan pendekatan terhadap kelompok yang 97% sehingga kehadiran Kristus dapat dirasakan di Indonesia.Makna lilin Paskah dalam perayaan malam ini adalah bahwa Tuhan telah mengorbankan diri-Nya menjadi terang bagi banyak orang. Semoga hal ini dapat menjiwai kita agar kita dapat menjadi terang bagi orang lain tanpa meninggalkan iman kita.

        Sebelum perayaan ekaristi ditutup, Bp. Willy Sebastian selaku Ketua Dewan Paroki diberikan kesempatan untuk memberikan sambutan. Dalam sambutannya Bp. Willy menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam

rangkaian kegiatan Paskah. (smr)

Tidak ada komentar: