Minggu, 05 April 2009

PERAYAAN EKARISTI MINGGU PALMA


Minggu, 5 April 2009 pukul 07.30 Wita, umat telah berkumpul di depan Gua Maria dengan palma di tangan. Iringan misdinar dan romo Allparis serta romo Atmo memasuki tempat perayaan ekaristi dengan diiringi lagu “Hormat Syukur Bagimu” yang dinyanyikan oleh umat Wilayah Anna.

Perayaan ekaristi diawali dengan pemberkatan daun-daun palma yang ada di tangan umat. Romo Allparis berkeliling di antara umat dengan memerciki daun-daun tersebut dengan air suci. Setelah membacakan Injil, romo Allparis mengajak umat untuk merenungkan peristiwa Yesus yang disambut sebagai Raja tersebut. Orang-orang yang mengelu-elukan Yesus sewaktu Yesus memasuki Yerusalem adalah orang-orang yang sama yang berteriak salibkanlah Dia. Usai homili, perarakan misdinar, petugas liturgi, petugas koor, umat dan romo memasuki gereja seraya melambungkan pujian “Yerusalem lihatlah Raja-Mu.”

Di dalam gereja, setelah Doa Pembukaan, dibacakan Bacaan Kitab Suci dan dilanjutkan dengan pembacaan Kisah Sengsara Tuhan Yesus menurut Injil Markus 15:1-39 oleh petugas. Dalam homilinya, romo Atmo menyatakan bahwa kita diharapkan untuk terlibat dalam bacaan Kisah Sengsara dan bukan hanya sebagai pendengar saja. Kita ikut merasakan penderitaan Yesus yang tergantung di kayu salib. Penderitaan Yesus itu diakibatkan oleh:

- Konspirasi politik para imam yang takut dengan kepopuleran Yesus dan meminta agar Yesus diadili oleh Pilatus dan Kaisar.

- Orang-orang yang tadinya mengelu-elukan Yesus berbalik berteriak salibkanlah Dia.

- Murid-murid meninggalkan Yesus.

- Yesus merasa bahwa Allah Bapa meninggalkan Dia. Yesus merasa kesepian sehingga Dia merintih, “Eloi, eloi, lama sabakhtani,” yang artinya "Allahku ya Allahku mengapa engkau meninggalkan daku."

Menanggapi kisah sengsara ini, kita diajak untuk selalu mengingat Allah dalam hidup kita dan melalui penderitaan kita, kita berbela rasa dengan penderitaan Yesus.

Dalam Pemilu ini, banyak pemimpin yang menebarkan janji-janji. Sebagai warga negara yang baik kita dituntut untuk dapat memilih yang terbaik di antara yang baik. Sebagai Raja, Yesus juga menawarkan sesuatu pada manusia, yaitu: menaklukkan dunia dan musuh serta masuk dalam kemuliaan Bapa. Namun untuk mendapatkan hal itu, Yesus mengajak kita untuk juga ikut dalam salib, kesepian, penderitaan dan bukan kedudukan, kekayaan, sembako, dsb.

Terhadap tawaran Yesus tersebut, sikap kita ada beberapa kemungkinan, yaitu:

- ketakutan atau

- optimis karena kisah sengsara Yesus ini mengajarkan ketabahan hati.

Banyak orang yang ingin menikmati kemuliaan Yesus tapi sedikit yang bersedia untuk ikut menderita. Banyak yang ingin mendapatkan suka cita Yesus tapi sedikit untuk mengambil bagian dalam sengsara-Nya. Banyak yang ingin makan-minum bersama Yesus tapi sedikit yang mau minum piala kesengsaraan. Banyak yang menyatakan cinta dan memuji pada Yesus, tapi bila mengalami kesulitan mereka berkeluh kesah dan jatuh dalam kesedihan.

Hal yang menjadi pertanyaan dan renungan bagi kita adalah kita masuk golongan yang mana:

- Bersorak-sorak seperti orang yang menyambut Yesus di Yerusalem dan berhenti sampai di situ saja atau

- Kita mengikuti Yesus sampai pada penderitaan-Nya.

Dalam menyambut Paskah ini, persiapan apa saja yang kita lakukan, apakah kita setia dalam doa, ibadat dan Pendalaman Iman? Marilah kita bergabung dengan Yesus dengan penuh syukur mengambil bagian dalam penderitaan-Nya di salib.

Perayaan ekaristi Minggu Palma pagi tersebut berakhir pada pukul 09.30 Wita. (smr)

Tidak ada komentar: